Mengenal Aqiqah Lebih Dalam

Aqiqah

Aqiqah

Aqiqah merupakan suatu ajaran Islam berupa membagikan olahan kambing pada sekitar rumah atas kelahiran bayi ke dunia ini. Ajaran Islam yang satu ini layaknya seperti prosesi kurban yang mana sama membagikan daging, namun kalau kurban dapat berupa sapi maupun domba tidak harus kambing. Selain itu juga kalau kurban satu per tiganya ialah untuk keluarga yang berkurban. Sedangkan dalam peringatan lahirnya bayi ini tidak ada kewajiban untuk meninggalkan bagian kambing untuk keluarga yang menyelenggarakan.

Bagaimana Prosesi  Aqiqah Yang Baik?

Ajaran dalam Islam yang baik dilakukan cukup banyak macamnya. Salah satunya ialah aqiqah. Ajaran yang satu ini ajaran Islam yang memiliki hukum sunnah muakkad, dimana baik dan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Sehingga mayoritas kaum muslimin dan Muslimah yang mampu selalu melakukan ini atas kelahiran anak mereka. Karena ajaran ini merupakan ajaran yang dianjurkan maka ada tata cara yang perlu dipelajari agar mengetahui betul mana dan hakikat dari kegiatan itu seperti apa. Tata cara atau prosesi yang baik ialah sebagai berikut.

  1. Hewan Yang Terbaik

Maksud dari hewan yang terbaik ialah kondisi hewannya sehat, bugar, tidak  cacat dan gemuk. Kemudian untuk anak laki-laki yang membutuhkan 2 ekor kambing maka dicari yang seumuran, sepantaran, dan sama-sama sehat. Kambing yang akan dipotong sudah berusia 1 tahun atau jalan mau 2 tahun.

  1. Waktu yang tepat

Waktu yang disarankan dalam beberapa hadist untuk melakukan prosesi ini ilah hari ke tujuh, bila tidak bisa makan di hari ke empat belas atau di hari ke dua puluh satu.

  1. Memberi Nama sang anak

Dalam hari yang sama dengan prosesi ini disertakan juga pemberian nama sehingga anak tersebut mulai mempunyai nama dan bisa dipanggil sesuai nama barunya yang diberikan.

  1. Memotong Rambut dan Bersedekah sesuai dengan timbangan rambutnya

Rambut sang bayi dipotong dengan bershalawat nabi lalu ditimbangkan. Hasil timbangan rabut ini guna menentukan seberapa bayak sedekah yang harus dikeluarkan walaupun tidak harus pas, bahkan lebih itu juga baik.

Setidaknya itulah prosesi dan tata cara  yang dilakukan saat aqiqah berlangsung. Bagi Anda sekalian yang akan mempunyai anak mungkin bisa menyiapkan segala sesuatunya dari sekarang sehingga saat sang anak lahir semuanya siap sedia dan tinggal melaksanakan ajaran Islam yang satu ini.

Related posts: