Strategi Bertanam Untuk Buah Terbaik

Bibit Durian

Bibit Durian

Ketika saya mendengar kata bibit durian, pikiran saya langsung tertuju pada buah yang sangat lezat, dengan aroma yang khas. Buah itu adalah buah durian. Buah ini disebut juga dengan rajanya buah. Mengapa begitu? Mungkin karena keunikan dan kekhasan buah durian itu sendiri yang menjadikan buah ini menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Namun ternyata dari kekhasan tersebut, sebagian orang menjadi tidak suka. Bahkan ada yang merasa pusing ketika mencium aroma buah ini yang memang sangat menusuk. Buah ini merupakan buah musiman yang sangat dinanti-nanti oleh sebagian orang yang menggemarinya.

Bibit Durian Yang Unggul Menghasilkan Buah Durian Yang Unggul

Permintaan buah durian memang tidak pernah surut, apalagi ketika musimnya. Meskipun harganya yang terbilang cukup mahal, namun seolah harga tak mampu menghalangi sensasi dari buah durian ini. Buah durian yang menjadi incaran pastinya adalah yang memiliki rasa lezat dan juga daging buah yang tebal. Hal ini menjadikan para pemilik perkebunan durian berlomba-lomba memberikan durian terbaiknya. Tentu saja untuk menghasilkan durian terbaik memerlukan suatu strategi bertanam. Pertama, tentukan lokasi penanaman yang cocok terlebih dahulu. Kedua, pemilihan bibit durian. Bibit yang berasal dari varietas unggulan pastinya akan memberikan kualitas durian yang unggul pula. Bibit yang baik biasanya memiliki ciri-ciri daunnya segar, bebas dari hama, batangnya kokoh dan terdapat banyak tunas baru. Selanjutnya yaitu proses penanaman dan juga perawatan yang memang harus dijaga. Durian membutuhkan banyak air, sehingga perlu dilakukan penyiraman secara teratur dan tanah seringkali perlu disiangi agar tidak padat akibat penyiraman. Pada umumnya durian lokal siap untuk dipanen pada usia 8 sampai 10 tahun setelah penanaman. Sedangkan untuk durian montong dapat dipanen setelah 3 sampai 4 tahun setelah penanaman.

Pemilihan bibit durian menjadi salah satu bagian terpenting untuk menghasilkan buah durian yang berkualitas. Dimana dari bibitlah buah itu bermula. Waktu yang cukup lama untuk dapat dipanen, membutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk menjaga dan merawat tanaman tersebut hingga siap untuk dipanen. Ingatlah bahwa hasil tidak akan menghianati usaha.

Related posts: